Tingkatkan Mutu SDM Penyuluh, Dinas TPH dan IPDIMP Gelar Pelatihan

Suasana Jalannya kegiatan pelatihan bagi penyuluh di kabupaten Tolitoli. (Foto : AlNews/FA)

Tolitoli, AlNews – Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh pertanian dalam mendampingi para petani di Kabupaten Tolitoli, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) setempat bekerja sama dengan Integrated Paticipan Development and Managamen of Irigation Program (IPDMIP) Program Provinsi Sulteng menggelar pelatihan manajemen penyuluh dan konstratani di BPP. Kamis (14/10/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Kadis TPH Rustam Rewa, Kabid Penyuluhan Provinsi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Adam, dan Camat Dampal Utara, Ir Rum KJF Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan ini dipusatkan di desa Bambapula Kec. Dampal Utara dengan estimasi kepesertaan sebanyak 30 orang dengan unsur peserta adalah penyuluh ditiap-tiap kecamatan diantaranya Kec. Dampal Selatan 8 peserta, Kec. Dampal Utara 8 peserta, Kec. Dondo 7 peserta, Basindondo 4 peserta dan Tolut 3 peserta.

Rustan Rewa saat dikonfirmasi AlNews.Id menjelaskan program ini bertujuan untuk peningkatkan kemampuan SDM penyuluhan dalam mendampingi petani, selain itu juga diharapkan penyuluh mampu menjadi Pendamping Pertanian yang profesional, amanah, kreatif, proaktif. Serta responsif dalam pelaksanaan kegiatan memecahkan masalah petani sesuai dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, metodologi dan analisis teknis yang tepat sesuai potensi wilayah masing-masing.

“Seorang penyuluh itu sebagai pendamping petani diharapkan dapat berperan aktif dalam menjalankan program-program pemerintah yang saat ini berjalan, yang memang salah satu tugas penyuluh adalah mendorong peningkatan produksi petani”. Ungkapnya.

Setelah mendapatkan pelatihan tentunya mereka akan siap tempur di sektor pertanian. “Saya berharap mereka dapat memberikan motivasi kepada para petani untuk terjun berusaha di bidang pertanian dan berkontribusi nyata dalam pembangunan pertanian baik didaerah Kab. Tolitoli maupun skala Provinsi Sulteng.” Tambahnya.

Reporter : FA
Editor : Nanang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here