Siap-siap, Pemerintah akan Salurkan Bansos PKH Bulan Oktober

Proses pendataan warga Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan Kementerian Sosisal RI (Foto: IST)
Proses pendataan warga Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan Kementerian Sosisal RI. (FOTO: IST)

Palu, AlNews – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial (Bansos) bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Pada tahun ini, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH).

Setiap keluarga kurang mampu mendapatkan bantuan senilai Rp900 ribu hingga Rp3 juta per tahun. Nantiya ibu hamil dan balita mendapatkan bantuan tersebut.

Baca Juga: BPBD Buol Tinjau Lokasi Rawan Bencana Alam

Targetnya, bantuan tunai PKH menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran sebanyak Rp 28,71 triliun.

PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, dalam 4 tahap yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank HIMBARA (BNI, BRI, Mandiri dan BTN).

Bantuan ini, untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya untuk ibu hamil dan balita. Dan mengurangi dampak pandemi Covid-19 serta menggerakkan ekonomi nasional.

Program bantuan sosial ini tertuang dalam surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial nomor 02/3/BS.02.01/01/2020 tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan 2020.

Bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun ini sekaligus upaya mencegah stunting sejak dini.

Pada 2021, PKH dialokasikan untuk 10 juta keluarga penerima manfaat. Bantuan dilakukan dalam kurun waktu satu tahun. Adapun, bantuan akan dilakukan dalam empat tahap, yakni Januari, April, Juli, dan Oktober.

BLT ibu hamil dan balita maupun penerima PKH lainnya setiap keluarga nantinya disalurkan melalui rekening himpunan bank milik negara (Himbara), yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Pemerintah membatasi bantuan maksimal empat orang dalam satu keluarga.

Penerima PKH terdiri dari dua komponen yang ada dalam keluarga. Pertama, komponen keluarga yaitu ibu hamil, anak usia dini, keluarga, lansia, dan disabilitas. Komponen lainnya adalah bantuan pendidikan keluarga PKH bagi anak usia sekolah SD hingga SMA.

Penyaluran berikutnya adalah bulan Oktober. Anda membutuhkan BLT PKH? Kita tunggu bulan Oktober.

(REDAKSI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here