Sertifikat Vaksin Jokowi Bocor, 3 Lembaga Bergerak

Sertifikat vaksin yang disinyalir milik Presiden Jokowi (Sumber foto: sindonews.net)

Palu, Alnews – Tiga lembaga negara yang terkait langsung bergerak usai sertifikat vaksin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bocor dan tersebar luas di media sosial.

Tiga lembaga tersebut antara lain Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Kesehatan.

“Kementerian Kesehatan, BSSN, dan Kementerian Kominfo melakukan tata kelola perlindungan data dan keamanan Sistem PeduliLindungi sesuai tugas dan fungsi yang diampu,” demikian keterangan ketiga lembaga tersebut seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (4/9/2021).

Keterangan tersebut juga menyebutkan, sertifikat vaksin Jokowi didapatkan oleh pihak tertentu melalui fitur pemeriksaan vaksinasi Covid yang terdapat di dalam aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi itu memungkinkan akses pada sertifikat vaksin milik siapapun, termasuk Presiden, hanya dengan memasukkan tanggal lahir dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

“Informasi NIK Bapak Presiden Joko Widodo telah terlebih dahulu tersedia pada situs KPU. Informasi tanggal vaksinasi Bapak Presiden Joko Widodo dapat ditemukan dalam pemberitaan media massa,” tulis rilis tersebut.

Sejak Jumat (3/9/2021), sertifikat vaksin Jokowi tersebar melalui Twitter dan platform media sosial lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here