Rusdy Mastura Minta Desa di Sulteng Optimalkan Pencegahan COVID-19

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura (Sumber: sindonews.net)

Palu, Alnews – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta pemerintah desa mengoptimalkan pemanfaatan alokasi dana desa untuk upaya pencegahan penularan COVID-19.

“Delapan persen dari dana desa yang dialokasikan untuk penanganan COVID-19 dapat digunakan oleh desa untuk membeli obat dan menanggung biaya hidup masyarakat yang isolasi mandiri supaya tidak perlu berobat sampai ke rumah sakit jika masih gejala ringan,” katanya seperti dilansir Antara, Selasa (24/8/2021).

Gubernur yang akrab disapa Bung Cudy itu mengatakan, pemerintah desa bisa memanfaatkan dana desa untuk membangun posko, menyediakan rumah isolasi, mengoperasikan dapur umum dan lumbung pangan, serta melakukan penyemprotan disinfektan sepekan sekali.

Gubernur menyebut Desa Moleono di Kabupaten Morowali Utara sebagai contoh desa yang bisa memanfaatkan alokasi dana desa secara optimal guna mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19.

“Dari delapan persen itu, realisasinya sudah mencapai 73 persen yang digunakan untuk membangun posko penanganan COVID-19, rumah isolasi, dan sebagainya,” terangnya.

Ia berharap desa-desa lain di Sulawesi Tengah menggiatkan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di wilayah masing-masing.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan hadiah sepeda motor untuk memotivasi pemerintah desa dan kelurahan meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

“Desa dan kelurahan yang dinilai terbaik dalam penanganan COVID-19 oleh bupati dan wali kota, maka akan mendapat apresiasi motor dari pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Penilaian terbaik akan diberikan kepada desa dan kelurahan yang mampu mengoptimalkan fungsi posko pencegahan dan penanganan COVID-19 serta meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Sumber: Antara Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here