Peternak Ayam Palu, Siap Tampung Jagung Petani Asal Tolitoli

Kunjungan Dinas TPH Tolitoli. di peternakan ayam petelur di Kelurahan tatanga, Kota Palu. FOTO: AlNews/FA

Tolitoli, AlNews – Dianggap bisa menjadi contoh peternakan di Tolitoli dan pemanfaatan kerja sama petani dalam rangka kebutuhan pakan ayam petelur kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Tolitoli lakukan kunjungan pada Kelompok Tani (Poktan) Unggas Mandiri di kelurahan pengawu kecamatan Tatanga kota Palu. Selasa, (19/10/2021)

Kunjungan kali ini dalam rangka mengukur kebutuhan pakan jagung dan dedak terhadap ayam petelur disalah satu kelompok tani yang dianggap sukses.

Ketua kelompok tani unggas mandiri Surya mengungkapkan kelompok tani unggas mandiri memiliki anggota sebanyak 74 orang dengan jumlah ayam petelur sebanyak 180 ribu ekor.

Surya menambahkan pasaran telur disalurkan di kabupaten Tolitoli, Donggala, Sigi serta Gorontalo, Luwuk, dan sebagian Sulawesi Barat.

Ia juga menjelaskan tenaga kerja berjumlahnya sebanyak 1200 orang yang mana tugasnya sudah dibagi bagi mulai dari yang menjaga kandang hingga pada tahap pemasarannya.

“Kami siap bekerja sama dengan petani Tolitoli binaan kadis TPH, kami butuhkan 150 ton jagung dan dedak 70 ton tiap bulannya”. Ungkapnya.

Kais TPH Tolitoli Rustan Rewa menambahkan akan terus melakukan pembinaan kepada petani jagung dan padi untuk memanfaatkan kerjasama ini.

“Saya akan upayakan semaksimal mungkin mendorong petani jagung dan padi Tolitoli untuk bisa memanfaatkan peluang ini paling tidak akan menambah penghasilan petani di Tolitoli” Tambahnya.

Pihaknya terus mendorong tanaman jagung pada pemanfaatan tegakan di bawah pohon kelapa dan beberapa lokasi lahan tidur milik petani. Ia berharap, kedepan bisa menjadi pemanfaatan sebagai tanaman penyangga menggantikan tanaman tahunan yang saat ini digarap oleh para petani di Tolitoli.

Reporter : FA
Editor : Nanang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here