Perbaikan Kabel Bawah Laut Butuh Waktu Sebulan, Ini Alasan Telkom

Ilustrasi (Gambar oleh Bruno /Germany dari Pixabay)

Alnews – Telkom Group membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk menyelesaikan masalah jaringan internet Indihome dan Telkomsel akibat kabel bawah laut yang putus sejak Minggu (19/9/2021) sore.

Hal tersebut diungkapkan oleh Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono.

“Diperkirakan proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung sekitar sebulan,” katanya, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Diduga Alami Kebocoran Data, Kemenkes Minta Warga Hapus eHAC

Waktu sebulan dibutuhkan karena penyambungan kabel bawah laut memerlukan berbagai persiapan, misalnya cableship menuju titik gangguan, peralatan dan kelengkapan, serta perizinan-perizinan terkait.

Guna meminimalisir dampak dari gangguan akibat putusnya kabel bawah laut, Telkom telah mengalihkan jalur akses internet pengguna.

Pihak Telkom juga menyebut akan menambah kapasitas jaringan di beberapa wilayah yang membutuhkan akses internet dalam skala besar, termasuk mengutamakan kebutuhan pendidikan yang saat ini sangat bergantung pada ketersediaan koneksi internet.

“Kami tetap mengutamakan aplikasi video conference untuk WFH dan LFH, mengingat saat ini kebutuhan untuk pendidikan sedang menjadi prioritas,” lanjutnya.

Masalah gangguan internet akibat putusnya kabel bawah laut milik Telkom sebelumnya ramai dikeluhkan oleh warganet dan menjadi tranding topic di berbagai platform media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here