Pemilu 2024 Dapil Kota Palu Mekarkan Dapil ?

Idrus - Komisioner KPU Kota Palu. (foto @kumparan)

Palu, Alnews – Terkait rumor yang beredar di masyarakat, bahwa Daerah Pemilihan (Dapil) bakal dimekarkan pada Pemilu 2024, Komisioner KPUD Kota Palu, Divisi Perencanaan, Data Dan Informasi, Idrus mengaku, secara umum KPU belum bisa menanggapi hal tersebut, Rabu, 17/11/2011.

Selain rumor pemekaran Dapil, juga beredar kuota Caleg masing-masing partai peserta per Dapil pada Pemilu 2024 juga bakal ditambah.

Menurut Idrus, untuk saat ini pembahasan pemekaran Dapil dan penambahan kuota Calon Legislatif belum menjadi ranah pembahasan KPU. “Kalaupun ada yang mau komentar sifatnya spekulatif,” katanya.

Terkait hal tersebut, Idrus menegaskan bahwa KPU bersikap ‘Wait and See’ (menunggu dan melihat) perkembangan. Sebab, saat ini KPU dan seluruh pihak terkait masih fokus pada pemutahiran data pemilih, sedangkan pihak Kependudukan dan BPS fokus pada pendataan jumlah penduduk.

Dia menegaskan, pembahasan pemekaran Dapil dan penambahan kuota Caleg masih sangat jauh, sebab KPU sendiri juga belum mengeluarkan tahapan pemilu. Namun, pengalaman tahapan pemilu pada 2018, pembahasan penmekaran dapil dilaksanakan melalui sistem uji publik yang partisipatif dan akomodatif.

Untuk itu, lanjut Idrus, berdasarkan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu serta surat KPU-RI nomor 366 saat ini KPU Kota Palu masih mengintenskan pendataan dan pemelihataan data pemilih melalui program yang disebut Data Pemutahiran Berjenjang (DPB). Yang melibatkan relawan, utusan pemerintah dan pihak lainnya.

Selanjutnya data akan diplenokan dan ditandatangani minimal bersama tiga komisoner, melibatkan stakeholder dan partai politik.

“Rencananya Desember kita mengadakan rapat terbuka,” tutupnya. (jk/alnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here