Pasca Banjir BPBD Kota Tolitoli Lakukan Pembersihan dan Penyemprotan

Wakil Bupati bersama BPBD meninjau lokasi pemukiman warga terdampak. Lokasinya tak jauh dari Kawasan RSUD Mokopido Tolitoli (Foto: IST)

Alnews, Tolitoli – Pasca Kota Tolitoli diguyur hujan dengan intensitas curah hujan tinggi yang berdampak banjir dibeberapa titik yang cukup serius diwilayah kawasan Lembah, Kel. Baru Kec. Baolan yang notabenenya lokasi tersebut adalah kawasan RSUD Mokopido Tolitoli dan pemukiman warga sejak kemarin tertanggal 15 September, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tolitoli bergerak cepat melakukan penyemprotan atau pembersihan jalan yang berlumpur dan berpasir pasca hujan deras.

Sekretaris BPBD Kota Tolitoli Bapak Vidya Putra mengungkapkan, untuk saat ini terdapat petugas BPBD yang melakukan penyemprotan jalan dan fasilitas umum RSUD Mokopido guna membersihkan lumpur dan pasir.

Baca Juga: Akibat Curah Hujan Tinggi, Banjir Menerjang RSUD Mokopido Tolitoli

Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan memudahkan akses pelayanan publik RSUD Mokopido serta lain sebagainya.

Dia mengatakan, cara kerja pihaknya sendiri, menyasar lokasi-lokasi atau titik-titik jalan yang dianggap perlu dilakukan pembersihan, sehingga jalan yang berlumpur itu dibersihkan dengan mobil tangki dengan cara disemprot.

Meski demikian, Vidya Putra mengungkapkan dalam pembersihan yang dilakukan oleh pihaknya, tidak dapat dilakukan langsung secara menyeluruh, hal tersebut dikarenakan keterbatasan personil dan mobil tangki untuk penyemprotan.

“Jadi untuk pembersihan jalan, sarana publik RSUD Mokopido pasca hujan itu kami menurunkan personel dengan mobil tangki walaupun dengan keterbatasan namun kami targetkan selesai hingga besok selanjutnya target pembersihan akan kami fokuskan pada sarana pendidikan Sekolah mengingat saat ini sekolah sudah melaksanakan pertemuan pembelajaran tatap muka dan setelah sarana pendidikan selanjutnya kita fokuskan pada sarana rumah rumah ibadah dilokasi terdampak banjir,” ujar Vidya Putra, kepada Jurnalis AlNews. Id, Kamis (16/09/21).

Alasan pembersihan jalan dan fasilitas publik massif dilakukan hari ini, dirinya menuturkan, hal tersebut dilakukan sebab luapan air banjir akibat curah hujan tinggi sudah mulai reda.

Dalam giat pembersihan dan penyemprotan, BPBD Kabupaten Tolitoli tetap menggunakan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker serta menjaga jarak guna menghindari penyebaran Covid 19.

Dilokasi terpisah dipemukiman warga terdampak banjir tampak Wakil Bupati Tolitoli Muhammad Besar Bantilan sedang meninjau langsung lokasi serta memberikan bantuan logistik terhadap warga yang terdampak.

Beliau Menginfokan bahwa tahun depan balai sungai Sulteng akan menurunkan anggaran untuk penanganan lebih menyeluruh terhadap kondisi sungai sungai yang cukup dangkal yang berpotensi luapan banjir.

Selain itu beliau juga menyayangkan masih banyak pembangunan rumah dibantaran sungai. (FA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here