Ombudsman Sulteng Sosialisasi Pelayanan Prima Bagi Satpol PP Tolitoli

Sofyan Farid Lembah saat meberikan materinya kepada peserta sosilisasi. (FOTO : ALNEWS/FA)

Tolitoli, Alnews – Untuk pelayanan publik berkualitas dalam penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah Satpol PP Tolitoli undang Ombudsman lakukan sosialisasi Pembinaan Pelayanan Publik secara prima. Rabu, (29/09/2021).

Kegiatan sosialisas ini dilaksanakan di Kantor Satpol PP Tolitoli. Menghadirkan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulteng Sofyan Farid Lembah sebagai narasumber utama dan dihadiri jajaran stakholder Pol PP setempat.

Dalam pemaparannya Sofyan banyak menyinggung soal 14 standar indikator pelayanan publik terhadap tugas pokok serta fungsi Satpol PP. Sebagai instansi penegak peraturan daerah (Perda) serta peraturan kepala daerah (Perkada).

Ia berharap dalam sosialisasi pembinaan pelayanan publik yang dilaksanakan paling tidak dapat membangkitkan semangat personel PNS maupun honorer di Satpol PP di Tolitoli. Untuk dapat lanjut dia melakukan perubahan dalam pemenuhan 14 standar pelayanan publik.

Sebagaimana diamatkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik dimana outputnya Satpol PP mampu menjadi pusat pelayanan yang baik dan berkualitas. Maka harus membenahi semuanya baik infrastruktur dengan pemenuhan 14 standar pelayanan publik.
“Saya yakin jika ini dilakukan maka peran kongkrit dari Satpol PP akan terlihat dipemerintahan dan masyarakat kab. Tolitoli sebagai penegak perda secara maksimal”. Ungkapnya.

Sebagai infromasi, Ombudsman tahun 2019 telah melakukan survey kepatutan berkenaan dengan pelayanan publik. Hasilnya Tolitoli berada dizona merah, artinya pelayanan publiknya jauh dari kata baik dan berkualitas.

“Nah dengan dilaksanakan sosialisasi pembinaan oleh Ombudsman ini semoga bisa menjadi contoh bagi Pemerintah daerah Tolitoli untuk banyak berbenah” tambhanya.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Samsuh, kepada AlNews.Id mengungkapkan, digelarnya sosialisasi sangat teredukasi. Sehingga seluruh personel beserta jajaran Satpol PP mengetahui tugas dan fungsi sebagai penegak perda.

“Dalam waktu dekat ini kami secara kelembagaan internal akan melakukan pembenahan kaitannya pelayanan publik berkenaan dengan 14 indikator layanan publik yang sudah disosialisasikan oleh Ombudsman Sulteng, selain dari pada itu saya akan melakukan rembuk dan kolaborasi bersama bidang lainnya dalam pemenuhan standar pelayanan di internal SATPOL PP Kab. Tolitoli. “Sambungnya.

REPORTER : FA
EDITOR : NANANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here