KIPP Moutong Dukung Pemekaran DOB Kab. Moutong.

TINOMBO— Sejumlah pemuda yang merupakan keterwakilan eks Kecamatan Moutong tergabung dalam Komite Independen Pemekaran dan Pendirian (KIPP) Kab. Moutong turut serta dalam upaya percepatan pemekaran Daerah Otonomi Baru Kab. Moutong. Hal itu di sampaikan dalam audensi dihadapan Bupati Parigi Moutong H. Syamsurizal Tombolotutu di Kecamatan Tinombo,  Kamis (03/03) pukul 13:20 Wita.

Dihadapan orang nomor satu di Kabupaten Parigi Moutong itu, Ketua KIPP Kab.  Moutong Abdul Farid Rauf menjelaskan, bila lembaga yang diiniasi oleh GP Ansor Eks Moutong itu, siap mendukung pemekaran Kabupaten baru di ujung utara Prov. Sulawesi Tengah itu.

“Ini sebagai salah bentuk keseriusan kami sebagai pemuda di wilayah Eks Moutong untuk mendukung pemekaran ini. Serta terpenting lagi, bahwa keberadaan KIPP ini, menolak isu-isu politik yang mengarah kepada kepentingan politik,” paparnya. 

Terlebih lagi sambung Farid, menggaris bawahi bahwa, “Pola pertama KIPP sangat mengapresiasi terhadap kinerja Komite Inti yang telah berjuang menerobos hegemoni politik di tengah arus deras primordialisme dan menguatnya kelompok identitas di Kab. Parigi Moutong”.

Disamping itu juga, Farid yang merupakan Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kec. Moutong itu, meminta kepada Bupati agar dilibatkan dalam upaya pemekaran ini.

“Kami meminta Bupati agar bisa melibatkan KIPP dalam agenda pemekaran dan meminta agar bisa didukung dan difasilitasi dalam langkah-langkah perjuangan KIPP, ” jelasnya.

“Bismillah, pemekaran ini tidak lagi jadi harapan, tapi kebutuhan. Oleh karena itu harus kita kawal jangan sampai pemekaran jadi isu politik ke depan”, demikian ujar lelaki murah senyum asal Desa Olonggata, Kec. Moutong itu.

Dalam kesempatan itu pula, Sekretaris KIPP Kab. Moutong Akhsan Tandiwali memaparkan,  bahwa KIPP bukan sebagai badan tandingan.

“Kita hanya sebagai sparing partner dengan lembaga-lembaga atau organisasi yang ada di dalam pemekaran ini. Jadi kita tidak melangkahi usaha lembaga yang  telah ada. Kita hanya mendorong pihak terkait yang telah ada untuk lebih hidup lagi dalam perjuangan ini,” tegas Aksan yang merupakan Pengurus  GP Ansor Kec. Ongka Malino itu  panjang lebar. 

Pemekaran ini kata Aksan, sudah menjadi kebutuhan yg sangat penting bagi masyarakat wilayah Eks Moutong.

“Uuntuk itu mari kita bersama – sama membantu tim pemekaran inti dalam mendukung percepatan pemekaran ini,” tukas pemuda asal Desa Tinombala Kec. Ongka Malino itu.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong H. Syamsurizal Tombolotutu menyambutkan baik upaya para pemuda yang berada di wilayah eks Moutong, untuk mau berperan ambil andil dalam upaya percepatan pemekaran ini.

“Atas nama Pemerintah Kab. Parigi Moutong, saya sangat gembira karena adik-adik semua peduli dan mau sama-sama berjuang untuk pemekaran ini,” sambut bupati saat menerima delegasi KIPP Kab. Moutong di pantai wisata Lolaro Tinombo.

Syamsurizal juga mengharapkan kepada pengurus KIPP Kab. Moutong bisa memberikan masukan, baik saran maupun membantu “mengkampanyekan” rencana ini.

“Saya harapkan kepada adik-adik, bisa membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat eks Moutong bahwa Pemerintah Kab. Parigi Moutong berupaya semaksimal agar Eks Moutong bisa jadi DOB Kab. Moutong,” harap bupati serius.

Apalagi kata bupati dua periode ini,  DOB Kab Moutong berada di posisi tiga dalam prioritas wilayah yang akan dimekarkan.

“Satu kegembiraan buat kita, bahwa DOB Kab Moutong ini sudah berada di puncak. Sisa toki palu di komisi II DPR RI. Setelah itu, mari kita dukung. Kalo kita tidak satu suara. Hal ini akan gagal dan perjuangan kita akan kembali ke titik nol, ” jelas lelaki kelahiran Tinombo, 3 Maret 1958 silam.

Selain itu,  pensiunan TNI AD itu mewanti-wanti kepada pengurus KIPP untuk bisa membantu menangkis berita-berita tak benar mengenai DOB Kab. Moutong yang tak masuk dalam daftar wilayah yang dimekarkan.

“Saya juga meminta kepada kalian untuk bisa mencegah berita-berita hoax yang dapat meresahkan bila Kab. Moutong tidak masuk dalam daftar calon daerah pemekaran, “pintanya. 

Dan yang penting lagi, tambahnya, ” tugas kalian sebagai pemuda KIPP, adalah menyebarkan ke masyarakat bahwa pemekaran ini bukan lagi sebuah wacana belaka”. 

Pertemuan yang juga disaksikan oleh Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Tomini Raya Andiwala Tombolotutu, itu berlangsung selama dua jam. *** (laporan Hasan Bunyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here