Kampus di Kabupaten Sigi Akan Jadi Lokasi Utama UIN Datokarama

Rektor UIN Datokarama, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd. bersama Bupati Kabupaten Sigi, Mohamad Irwan di Kampus II UIN Datokarama di Kabupaten Sigi (sumber: uindatokarama.ac.id)

Sigi, Alnews – Rektor Univeristas Islam Negeri (UIN) Datokarama Sulawesi Tengah, Prof. Dr. H. Sagaf S. Pettalongi, M.Pd., mengemukakan bahwa lokasi kampus yang berada di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, akan dijadikan sebagai kampus utama.

“Sesuai dengan rencana pengembangan yang telah disusun, kampus dua UIN Datokarama di Sigi akan menjadi kampus utama,” ucap Prof Sagaf S Pettalongi, di Sigi, Selasa (30/11/2021).

Saat ini, UIN Datokarama memiliki dua lokasi kampus. Lokasi pertama terletak di Kota Palu dengan luas lahan kurang lebih lima hektare.

Sementara itu, untuk kampus dua terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, dengan luas lahan kurang lebih 20 hektare.

Di lokasi yang terakhir terdapat lima gedung yang telah difungsikan oleh komponen civitas akademik UIN Datokarama. Selain kelima gedung berlantai tiga ini juga sedang dibangun dua gedung layanan administrasi.

Menurut Rektor UIN Datokarama, pengembangan UIN Datokarama di Kabupaten Sigi akan lebih optimal dengan adanya dukungan dari Bupati Sigi, Mohamad Irwan, yang telah bersedia menghibahkan lahan untuk kampus tersebut seluas 40 hektare.

“Dengan begitu seluruh civitas akademika dan mahasiswa UIN Datokarama akan beraktifitas penuh setiap hari di Sigi untuk pelayanan akademik, pelayanan kepada masyarakat, dan optimalisasi pengembangan keilmuan dan kontribusi untuk daerah,” pungkasnya.

Seiring dengan rencana pemusatan di kampus yang berada di Kabupaten Sigi, maka lokasi UIN Datokarama di Kota Palu akan dialih fungsikan sebagai pusat bisnis guna mendukung alih status kampus sebagai Badan Layanan Umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here