Jawab Keluhan, Menag Cairkan Tunggakan Sertifikasi Dosen PTKI Swasta

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Sumber: kemenag.go.id)

Palu, Alnews – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, kementerian yang dipimpinnya akan mencairkan tunggakan sertifikasi dosen tahun 2019-2020 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) swasta.

Ketersediaan dana pelunasan sertifikasi dosen PTKI didapatkan oleh Kementerian Agama setelah melewati evaluasi yang dilakukan oleh Badan Pengawasan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Jenderal.

“Alhamdulillah, masalah tunggakan sertifikasi dosen PTKI swasta 2019-2020 sudah ada solusi. Saya memastikan anggaran sebesar Rp63,8 miliar lebih sudah ada dan sudah dapat diproses pencairannya oleh Satker masing-masing,” terang menteri yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut seperti dikutip dari Times Indonesia, Jumat (3/9/2021).

Inisiatif pelunasan tunggakan tersebut merupakan wujud perhatian serta komitmen Menag setelah sering mendapatkan keluhan dari dosen-dosen PTKI swasta mengenai hak mereka yang belum terbayarkan.

“Terkait pemenuhan hak-hak individual, kami peduli betul. Apalagi hak dosen yang memiliki fungsi, peran, dan tuas sangat strategis dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan, sehingga perlu diperhatikan kesejahteraannya,” ungkap Menag.

Sebagai tindak lanjut, Menag meminta kepada seluruh pimpinan Satker yang bertanggung jawab agar mempercepat pencaitan sesuai mekanisme dan aturan keuangan yang berlaku.

“Jaga transparansi dan akuntabilitas. Dalam proses pembayaran ini tidak boleh ada pemotongan dan penyelewengan,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here