Gantikan Posisi Sang Ayah, Habib Alwi Dibaiat Menjadi Ketua Utama Alkhairaat

Palu- AlNews – Habib Sayyid (HS) Alwi bin Saggaf Aljufri dibaiat sebagai Ketua Utama Alkhairaat oleh keluarga atau ahli waris Pendiri Alkhairaat, HS. Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, di Masjid Alkhairaat, Rabu (20/07).

Habib Alwi didaulat menggantikan posisi sang ayah, HS. Saggaf bin Muhammad Aljufri yang wafat pada Agustus 2021 lalu.

Penyampaian baiat ketua utama dibacakan oleh Habib Umar Alhabsye. Dalam baiat itu disebutkan bahwa Habib Alwi telah ditunjuk oleh mendiang ayahnya sebagai pelaksana tugas (Plt) ketua utama.

“Penunjukan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 257/S12 Ketua Utama tertanggal 8 April 2017,” tutur Habib Umar membacakan surat baiat.

Kata dia, keputusan ini mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, karena ketua utama sebagai pimpinan tertinggi dan memiliki hak prerogatif sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) perhimpunan Alkhairaat.

“Hal ini terus berlangsung sejak Alkhairaat masih bawah kepemimpinan HS. Idrus bin Salim Aljufri,” ungkapnya.

Setelah dasar hukum baiat Ketua Utama Alkhairaat dibacakan, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji oleh HS. Alwi bin Saggaf Aljufri serta pengucapan sumpah dan janji bagi yang hadir menyaksikan.

Prosesi pembaiatan sendiri mendapat dukungan dan do’a dari sang paman, HS Ali bin Muhammad Aljufri. Meskipun tidak sempat menghadiri prosesi pembaiatan, namun Habib Ali telah menyatakan dukungan tersebut melalui surat pernyataan yang ditandatangani.

Dalam surat pernyataan yang berisi dua poin tersebut, Habib Ali menyatakan dukungannya kepada Habib Alwi yang disebutnya “Anakda” dalam poin pernyataan itu.

“Mendo’akan dan berharap kepada Allah agar anakda Alwy bin Saggaf Aljufri diberikan kekuatan untuk menjalankan amanah besar ini,” demikian poin kedua surat pernyataan yang ditandatangani tanggal 20 Juli 2022 tersebut.

Adapun urutan Ketua Utama Alkhairaat dimulai dari Habib Idrus bin Salim Aljufri. Sebelum wafat, ia menunjuk putranya, HS. Muhammad bin Idrus Aljufri sebagai Ketua Utama Alkhairaat.

Demikian pula ketika HS. Muhammad meninggal, sang putra HS. Saggaf Aljufri ditunjuk sebagai penerusnya untuk memimpin Alkhairaat sebagai Ketua Utama.

Sumber: media.alkhairaa.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here