Bupati Instruksikan Kegiatan Word Cleanup Day di Tolitoli

Bupati Tolitoli, Amran Hi. Yahya

Tolitoli, AlNews – Dalam rangka mensukseskan kegiatan Word Cleanup Day yang gelarannya dilaksanakan di seluruh Indonesia tanpa terkecuali di Kabupaten Tolitoli.

Bupati Tolitoli mengaku bahwa kabupaten yang ia pimpin siap untuk suksesi kegiatan yang dimaksud.

Seperti yang disampaikan, Selasa (21/09/2021), Word Cleanup Day pada prinsipnya merupakan gerakan global yang mengajak individu, komunitas, dunia usaha dan pemerintah diseluruh dunia untuk menyatakan kepedulian dan perubahan prilaku masyarakat dalam proses pengolahan sampah.

Baca Juga: Siap-siap, Pemerintah akan Salurkan Bansos PKH Bulan Oktober

Pada gelaran tahun ini Word Cleanup Day seluruh Indonesia mengusung tema “Bersatu Untuk Indonesia Bersih” yang relevan dengan kondisi wabah pandemi Covid-19 saat ini yang sedang dihadapi seluruh dunia.

Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya menginstruksikan kepada jajaran kepala perangkat daerah se Kabupaten Tolitoli, para Camat, instansi vertikal, perusahaan, BUMN, BUMD, perbankkan, sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi, ketua tim penggerak PKK, dharma wanita, komunitas pecinta lingkungan, serta bank sampah untuk melakukan sosialisasi WCD dan ikut andil pembersihan dilingkungan kerja dan masyarakat sebagaimana Surat Instruksi Bupati Tolitoli Nomor 188-5/3175/DLH.

Adapun sasaran dalam melakukan aksi cleanup dan pilah sampah yakni rumah rumah kawasan pemukiman, pembersihan sampah areal perkantoran, sarana transfortasi, sungai, pasar, ruang publik, sekolah, pondok pesantren, perguruan tinggi dan secara serentak dimulai pada tanggal 22 september 2021 serta dimulai pada pukul 08.00 Wita hingga selesai dengan hasil akhir menimbang sampah yang terkumpul dan mencatat hasilnya.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya gerakan kolaboratif masyarakat dengan dunia usaha dalam pengembangan ekonomi sirkular seperti bank sampah dan pengembangan inovasi/teknologi dalam pengolahan sampah.

Bupati Tolitoli berharap kegiatan ini direspon baik oleh seluruh kalangan masyarakat dengan ikut berpartisipasi langsung minimal membersihan halaman rumah masing masing sebagai upaya menjawantahkan permasalahan sampah dikabupaten Tolitoli.

Reporter: FAHRI A.
Editor: NANANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here