BLBI Panggil Tommy Soeharto Lunasi Utang Rp2,6 Triliun

Tommy Soeharto (Sumber: dw.com/id)

Palu, Alnews – Satuan Tugas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI) memanggil Hutomo Manda Putra alias Tommy Soeharto agar melunasi utang kepada negara sebesar Rp2,61 triliun.

Dalam pemanggilan tersebut, Tommy diminta untuk menghadap Ketua Pokja Penagihan dan Litigasi Tim B bersama pengurus PT Timor Putra Nasional lainnya.

Agenda pemanggilan ini dimaksudkan untuk menyelesaikan hak tagih negara atas dana BLBI berdasarkan Penetapan Jumlah Piutang Negara Nomor PJPN 375/PUPN/10.05/2009.

Surat pemanggilan Tommy ditandatangani oleh Ketua Satgas BLBI Rionald Silaban dengan ultimatum bahwa jika Tommy tidak memenuhi kewajibannya maka akan dilakukan penindakan seuai peraturan perundang-undangan.

Dilansir dari Antara, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinu Prastowo menyebutkan pemanggilan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah berupaya keras menyelesaikan hak tagih negara atas dana BLBI yang dapat digunakan untuk kebutuhan rakyat,” tulisanya pada akun Twitter @prastow, Kamis (26/8/2021).

Presiden membentuk Satgas untuk menyelesaikan hak tagih atas dana BLBI yang tertuang dalam Keppres Nomor 6 tahun 2021 tentang Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI.

Hal tagih negara atas sisa piutang dari dana BLBI dan aset properti mencapai sekitar Rp110,4 triliun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here