Bawaslu Tolitoli Terima Penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Sulteng

Kepala Ombudsman Perwakilan Sulteng menyerahkan piagam penghargaan kepada Bawaslu Tolitoli. (FOTO: ALNEWS/FA)

Tolitoli, AlNews – Sukses melaksanakan Pilkada serentak Tahun 2020 Bawaslu Kabupaten Tolitoli mendapat penghargaan dalam hal kualitas pengawasan penyelenggaraan pemilu terbaik dimasa pandemi covid 19 dari Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Selasa, (28/09).

Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulteng Sofyan Farid Lembah kepada AlNews. id mengungkapkan penghargaan capaian prestasi ini diberikan kepada Bawaslu Kab. Tolitoli didasari oleh beberapa poin di antaranya, Bawaslu Tolitoli mampu dan sukses menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak dimasa pandemi covid 19 dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Kemudian, dalam proses tahapan penyelenggaraan pilkada tidak ada satupun komisioner Bawaslu Tolitoli yang dipecat atau dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP).

Ia menambahkan, Bawaslu Tolitoli mampu memproteksi petugasnya dari ditingkat Kecamatan, Kelurahan Bahkan Pengawas di tempat pemunggutan suara. Dengan mengunakan rapid test antigen sehingga tidak ada satupun pengawas pemilu yang meninggal dalam menjalankan tugas.

Ombudsman Sulteng menilai Soliditas Bawaslu cukup kuat dan mampu berkolaborasi bersama kesekretariatan Bawaslu Tolitoli sehingga lahir kinerja yang baik dalam proses penyelenggaraan Pilkada. Dalam proses penyelesaian baik laporan maupun temuan diputuskan secara matang dan cukup profesional.

“Inilah beberapa poin yang cukup membahagiakan bagi kami secara kelembagaan sehingga Ombudsman wajib memberikan reward penghargaan terhadap Bawaslu Kab. Tolitoli”. Ungkapnya.

Apresiasi ini sendiri merupakan hasil dari pantauan Ombudsman selama ini dalam menangani adanya beberapa pelanggaran atau juga adanya beberapa temuan yang kemudian ditangani secara profesional.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tolitoli, Fajar Syadik, saat ditemui AlNews.Id, mengatakan pihaknya sangat bangga mendapat penghargaan dari Ombudsman. Berkaitan dengan layanan publik dan proses pengawasan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020. Ia juga berharap, kedepan akan memacu kinerja pengawasan pemilu yang lebih baik lagi.

Apresiasi penghargaan ini sendiri diserahkan dalam bentuk piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Sulawesi Tengah Ombudsman Republik Indonesia Sofyan Farid Lembah dan diterima oleh Ketua Bawaslu Kab. Tolitoli Fajar Syadik didampingi Anggota yakni Samsuri dan Rustam Datuamas Beserta Kepala Sekretariat Irfan Supu, SH di Kantor Bawaslu Kab. Tolitoli.

REPORTER: FA
EDITOR: NANANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here