Alamsyah Sampaikan Masalah Air Bersih Di Kecamatan Bolano, ke Gubernur.

Bertempat di Kantor Gubernur Sulteng, Alamsyah Palenga menyampaikan keprihatinan atas kondisi masyarakat Bolano terkait belum tersedianya air bersih.

Alamsyah yang juga ketua Relawan #DemiSulteng menjelaskan bahwa persoalan ini dia temukan di lapangan saat berkeliling Sulawesi Tengah sewaktu aktif sebagai ketua PW GP Ansor Sulteng.

“Warga di 7 desa di kecamatan Bolano belum dapat menggunakan air bersih dikarenakan air tanah di wilayah ini bersifat payau, atau bercampur dengan air asin dari laut”, ujar Alamsyah.

Dari beberapa kunjungan lapangan dan diskusi yang dilakukannya, solusi teknis terbaik berupa membangun jalur pipa transmisi dari sumber air di desa Lembah Bomban.

“Ada sumber mata air sejauh lebih kurang 14 km yang kita telaah debitnya bisa mencukupi minimal 3000 SR (sambungan rumah – red). Ini bisa digunakan oleh warga,” sambung Alamsyah.

Dalam kesempatan itu, staf ahli gubernur bidang infrastruktur dan kebencanaan Ir. Darma Gunawan yang menerima aspirasi tersebut menyampaikan komitmen gubernur untuk segera menyelesaikan masalah ini.

“Air bersih dan juga air minum adalah prioritas gubernur Sulteng dan Presiden’ Jokowi sehingga hal ini tentu menjadi konsern utama kami, terimakasih sudah menyampaikan persoalan ini,” demikian respon Gunawan seperti ditirukan Alamsyah.

Diketahui, terdapat 7 desa di wilayah ini yakni: Lembah Bomban, Wanamukti Utara, Wanamukti Barat, Bolano Barat, Sritaba’ang, Sama Bahari dan Beringin Jaya.Wilayah ini terletak di kecamatan Bolano kabupaten Parigi Moutong yang dilintasi jalan poros trans Sulawesi menghubungkan Sulteng dengan Gorontalo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here