Alamsyah Palenga: Guru Tua Pahlawan Nasional? Insya Allah Tahun Ini Ditetapkan

Palu – alnews.id (10/5/22). Habib Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri atau secara luas dikenal sebagai Guru Tua telah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional.

Pengusulan ini kembali bergaung isunya di momentum peringatan haul memperingati wafatnya beliau tahun ini pada 14 Mei 2022 pekan depan.

Menanggapi itu, Alamsyah Palenga, Ketua GP Ansor Sulteng ikut berkomentar.

“Hemat saya, tidak ada lagi alasan pemerintah untuk tidak menetapkan beliau sebagai pahlawan nasional. Jasa beliau telah dinikmati dan akan terus dinikmati ribuan dan bahkan jutaan rakyat Indonesia”, ujar Alamsyah Palenga.

“Pembahasan tentang kepantasan beliau sudah tidak perlu lagi. Kita tinggal menunggu”.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Pemuda Ansor ikut mengusulkan dan mendorong penetapan Guru Tua sebagai pahlawan nasional sejak bertahun – tahun belakangan.

Bahkan hal ini sudah disampaikan langsung oleh GP Ansor Sulawesi Tengah kepada presiden Joko Widodo di awal 2019 yang lalu.

“Ya, saya menyampaikan langsung pengusulan itu kepada presiden Jokowi di Istana Negara”, kata Alamsyah.

“Dan atas restu dan doa rakyat Indonesia khususnya rakyat Sulawesi Tengah sekalian, Insya Allah ikhtiar ini akan bisa terwujud tahun ini juga”, lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Pengurus Besar Alkhairaat melalui HS. Ali Al-Jufri selaku ketua umum telah diundang oleh Kementerian Sosial RI sebagai bagian dari proses pengusulan dan penetapan pahlawan nasional tersebut.

Terkait pertanyaan kapan penetapan tersebut akan terjadi, Alamsyah menjawab singkat, “Insya Allah tahun ini”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here