Akibat Curah Hujan Tinggi, Banjir Menerjang RSUD Mokopido Tolitoli

Lokasi Parkir RS Mokopido Tolitoli Terendam Banjir. Air juga masuk hingga ruang perawatan (FOTO: IST)

Alnews, Tolitoli – Hujan deras dengan intensitas curah yang tinggi mengguyur sejak siang menyebabkan banjir di Kawasan Lemba, Kelurahan Baru Kecamatan Baolan yang mana lokasi tersebut adalah kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido, Kabupaten Tolitoli. Saat berita ini diturunkan, genangan banjir akibat luapan air sungai setidaknya mulai mencapai 1 meter (15/09/2021).

Hujan deras mengguyur wilayah ini sejak pukul 12.00 wita dan baru berhenti pukul 17.00 wita. Banjir menyebabkan luapan air memasuki sejumlah rumah warga setempat, halaman parkir, koridor dan ruang perawatan IGD Rumah Sakit Mokopido Kel. Baru, Kec. Baolan Kab. Tolitoli Sulawesi Tengah.

Baca juga: Banjir Desa Beka, Untuk Sementara Jalan Palu-Bangga Teralihkan

Dari video dan Dokumentasi Foto yang diperoleh Alnews.id dari warga, tampak air berwarna cokelat pekat denhan arus deras menggenangi jalan, halaman parkir dan ruang perawatan IGD RSUD Mokopido hingga rumah warga.

Salah satu warga terdampak dilokasi tersebut saat diwawancarai meminta kepada Pemda Tolitoli agar dapat menjawab situasi banjir saat ini sebagai mana janji politik pencanangan program pengentasan banjir dilokasi tersebut, dan pemerintah harus berperan penting untuk mencari solusi dari banjir ini..

“Air tidak lagi melewati sungai tapi jalan pun sudah menjadi sungai. Ini bukan hanya bencana alam tapi prilaku manusia yang tidak menjaga alam, tidak membersihkan drainase yang tersumbat, prilaku penebangan hutan secara ilegal dan inilah hasilnya Banjir menyebabkan berbagai aktivitas warga terganggu,” tambahnya. (FA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here